Desa Jelbuk Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Stanting

Jember, independentnew-post.com

Sosialisasi dan Penyuluhan Stanting se Kecamatan Jelbuk di gelar di Desa Jelbuk Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember, Rabu 22/11/2023.

Acara tersebut di hadiri oleh Bupati Jember Hendy Siswanto beserta jajarannya dan Muspika Kec. Jelbuk diantaranya Camat Jelbuk, Kapolsek dan Danramil.

Dalam sambutannya Bupati Jember menegaskan bahwa Tim Satuan Tugas (Satgas) Stunting adalah pekerjaan yang mulia. Pekerjaan menyelamatkan generasi untuk yang akan datang.

“Oleh karena itu perlu sosialisasi secara menyeluruh, masif, serta berkolaborasi dengan seluruh pihak, agar masyarakat memiliki kesadaran yang penting  tentang bahaya stunting” Ujarnya.

Bupati khawatir kalau masyarakat  berpikir bahwa stunting hanya masalah ukuran tinggi badan. Padahal bukan sekadar ukuran tinggi badan, tetapi perkembangan seluruh organisme di dalam tubuh tidak memenuhi gizi yang cukup ketika ibunya sedang mengandung dan menyusui, atau ketika anak berusia 0 sampai 2 tahun.

“Oleh karena itu dalam berbagai kesempatan,  dan juga menjadi imbauan dari pemerintah untuk menyasar  sekaligus melakukan  usaha preventif  dari  stunting, yaitu ada tiga kelompok.  Yaitu kelompok anak-anak pra nikah, ibu hamil dan ibu menyusui ” pesan Hendy. 

Sementara itu Kepala Desa Jelbuk berharap dengan upaya-upaya yang dilakukan bersama, prevalensi stunting di Kecamatan Jelbuk Khusunya Desa Jelbuk terus menurun dan tidak ada penambahan kasus.   

“Untuk mencapai target penurunan stunting, diperlukan upaya yang serius dan kerja keras kita semua mulai tingkat provinsi sampai kelurahan dan desa. Salah satunya melalui kolaborasi lintas sektor” tandasnya.

(Pewarta : Fifi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *