Peresmian Sumber Air Di Desa Balet Baru Bersama Mahasiswa KKN Unmuh Jember

Jember, independentnew-post.com

Mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Jember yang melakukan KKN di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember telah mengembangkan program pkbm, yakni melakukan pembelajaran bagi masyarakat.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN dari Unmuh tersebut yakni bertujuan dan berupaya agar bisa meningkatkan potensial bagi pemuda pemudi Desa Balet Baru, sebab kegiatan dari mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Jember mempunyai misi untuk mengembangkan program pembelajaran bagi masyarakat Desa Balet baru.

Misi pertama yang dilakukan yakni megadakan pelatihan bagi pemuda pemudi, sebab menurut sensus disebutkan bahwa sekitar 17% pemuda pumudi di Desa Balet Baru telah putus sekolah dan langkah pertama yang dilaksanakan adalah membimbing masyarakat putus sekolah secara door tu door, sebab masyarakat Desa Balet Baru memiliki Keinginan untuk belajar.

Misi yang ke dua yakni melalui bidang kesehatan dan bidang literasi, untuk bidang kesehatan secara fisiknya pembangunan MCK dan membentuk asosiasi kesehatan seperti kader kader ibu ibu pkk, dan untuk bidang literasi yakni diterapkan dengan membuat asosiasi program pembelajaran kelompok masyarakat.

Sementara, Kepala Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono H. Fauzi Cahyo P. Mengimbau, dengan kehadiran adik adik KKN Sangatlah membantu dan telah memberikan kontribusi bagi warga masyarakat Desa Balet Baru, yakni telah membangun MJK dan membangun Kamar Mandi, serta membantu dalam bentuk ilmu pembelajaran.

Mahasiswa KKN juga telah membantu pengembangan di bidang Pariwisata yakni dengan membuat miniatur wisata desa, watu tigo dan membentuk kewirausahaan masyarakat sehingga bisa mempunyai kegiatan usaha home industri.

Kepala Desa Balet Baru juga berharap agar dengan adanya partisipasi KKN dari Unmuh Jember, masyarakat Desa Balet Baru bisa lebih maju dan kalau memang ada perguruan tinggi yang lain itu demi kemajuan desa sangat diprioritaskan pada sumber daya manusia, Kepala Desa Balet Baru juga berterima kasih pada mahasiswa KKK yang telah melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Balet Baru ini. (Fifi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.