Dinas Pertanian Bondowoso Lakukan Tanam Padi Jajar Legowo

Bondowoso, independentnew-post.com

Penanaman padi dengan system jajar legowo ternyata dapat meningkatkan produktifitas padi.

Cara tanam padi jajar legowo yang di lakukan oleh Dinas Pertanian Bondowoso yang berlangsung di Desa Traktakan Kecamatan Wonosari merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman.

Menurut Hendri Kepala Dinas Pertanian sistem tanam jajar legowo juga merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pingir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong. Jumat (15/10/2021).

“Selain itu sistem tanam jajar legowo juga meningkatkan jumlah populasi tanaman dengan pengaturan jarak tanam.” Kata Hendri.

Lebih lanjut ia mengatakan tujuan dari cara tanam jajar legowo 2 : 1 adalah memanfaatkan radiasi surya bagi tanaman pinggir, tanaman relatif aman dari serangan tikus karena lahan lebih terbuka, menekan serangan penyakit karena rendahnya kelembaban dibandingkan dengan cara tanam biasa, populasi tanaman bertambah, pemupukan lebih efisien, pengendalian hama penyakit dan gulma lebih mudah dilakukan dari pada cara tanam biasa.

Manfaat dari sistem tanam jajar legowo adalah:
Menambah jumlah tanaman padi ; Meningkatkan produksi tanaman padi; Memperbaiki kualitas gabah dengan semakin banyaknya tanaman pinggir; Mengurangi serangan penyakit; Mengurangi tingkat serangan hama; Mempermudah dalam perawatan baik itu pemupukan maupun penyemprotan pestisida; Menghemat pupuk karena yang dipupuk hanya bagian dalam baris tanaman. Selain manfaat sistem tanam jajar legowo juga punya kelemahan antara lain:

Membutuhkan tenaga tanam yang lebih banyak dan waktu tanam yang lebih lama pula
Membutuhkan benih yang lebih banyak dengan semakin banyaknya populasi.”tambahnya. (Sukri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *