Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Kepala Sekolah SMAN Kalisat Turut Serta Karnaval Berpakaian Adat Papua

Jember, independentnew.post.com

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaa. RI ke 78, Ratusan Siswa-siswi beserta Guru dan karyawan SMAN Kalisat ikut serta dalam karnaval kebudayaan tingkat pendidikan SMP, SMA sekecamatan Kalisat. karnaval kali ini dengan rute start lapangan Glagahwero Kalisat, dimulai pukul 11.00 WIB kemudian masuk panggung kehormatan di depan Mapolsek Kalisat, finish Asrama Ajung. Kamis (31/08/2023).

Kegiatan karnaval bertujuan, untuk menghormati jasa para pahlawan terdahulu yang telah rela berjuang untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mendorong siswa-siswi untuk cinta kearifan lokal terutama budaya bangsa Indonesia.

Yang menarik dalam karnaval tersebut, adanya kelompok peserta yang mengenakan pakaian adat dayak Kalimantan. Dan yang menjadi perhatian masyarakat, yakni kelompok peserta asli papua siswi SMAN Kalisat, mengenakan pakaian adat Irian Jaya, Papua.

Kegiatan karnaval kali ini, dihadiri oleh Dandim 0824 Jember, Muspika Kecamatan Kalisat beserta jajarannya, tiga pilar, satpol PP, dan seluruh peserta karnaval.

Kepala SMAN Kalisat Ahmad Rosidi, S.Pd., M.Pd menjelaskan, tema karnaval SMAN Kalisat kali ini adalah “Bersatu dalam Ragam Budaya Nusantara” Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keberagaman. Baik itu suku, budaya, adat istiadat, ras, agama atau kepercayaan, dan golongan.

Tema tersebut dianggap sangat merepresentasikan kondisi Indonesia saat ini dimana Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku, adat dan budaya, ujarnya.

Agar tercipta suatu harmoni tanpa harus menciptakan diskriminasi dalam memandang suatu perbedaan.

Bhineka Tunggal Ika dalam tema karnaval kali ini nampak pada kostum yang dikenakan oleh siswa, yaitu menggunakan kostum baju adat daerah.

Ada yang mengenakan kostum baju adat daerah Jawa dan adapula yang mengenakan baju adat Bali, baju adat kalimantan, Irian Jaya, Papua, Minangkabau, dll. Pungkas Kepala SMAN Kalisat Ahmad Rosidi, S.Pd., M.Pd.

(Pewarta : Fifi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *