Melaksanakan Kurikulum Merdeka, SMA Negeri Arjasa Adakan Pameran dan Gelar Karya P5

Jember, independentnew-post.com

SMA Negeri Arjasa telah menyelenggarakan kegiatan pameran dan gelar karya P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kegiatan ini bagian dari pelaksanaan kurikulum merdeka disekolah tersebut, sehingga para siswa siswi kelas 10 dan Kelas 11 telah melaksanakan kurikulum merdeka dengan membuat karya projek yakni pameran dan gelar karya yang diadakan dilingkungan sekolah. Jum’at (23/06/2023).

Sementara, hasil konfirmasi dan wawancara dengan Kepala SMA Negeri Arjasa Widi Wasito, S.Pd., M.Pd. diruang kerjanya terkait pelaksanaan kegiatan pameran dan gelar karya mengatakan bahwa “pada hari ini Jum’at 23 Juni 2023, SMA Negeri Arjasa menyelenggarakan pameran atau gelar karya P5 yakni Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan kurikulum merdeka, jadi didalam kurikulum merdeka ini, para anak didik (siswa siswi) membuat karya projek, kemudian dari hasil projek tersebut dipamerkan pada hari ini.” Jelasnya.

Masih penjelasan Kepala SMA Negeri Arjasa, “Kebetulan karena projek ini hanya untuk pelaksanaan kelas 10 atau fase E yang istilah dari kurikulum merdeka itu kurang, maka dikolaborasi dengan kegiatan kegiatan kewirausahaan yang dimiliki oleh kelas 11, jadi kegiatan hari ini merupakan rangkaian atau kolaborasi antara kelas 10 dan kelas 11, termasuk ada pertunjukan pertunjukan yang tujuannya untuk menggali dan mengembangkan budaya lokal seperti seni Macan Macanan Kaduk, Kentongan, Tari tarian tradisional yang semuanya dilakukan oleh anak didik (siswa siswi) kelas 10 dan 11”.

Foto : Kepala SMA Negeri Arjasa Widi Wasito, S.Pd., M.Pd.

“Para anak didik (siswa siswi) dalam mengikuti kegiatan ini, ada sebagian yang melakukan kerjasama dengan beberapa pihak lain seperti kerja sama dengan pabrik roti poltek, mereka bisa belajar bagaimana cara pembuatan roti yang baik, bahkan mereka juga kerja sama dengan pengusaha katering, disana mereka bisa membantu langsung pengusaha katering disaat mendapatkan job atau orderan”.

Masih kata Widi Wasito, S.Pd., M.Pd. “Kurikulum merdeka itu, mereka (siswa siswi / anak didik) diharuskan bekerja sama dengan instansi lain, seperti halnya kegiatan hari ini, kita kerja sama dengan Bank Jatim, pihak Bank Jatim telah memberikan bantuan tenda secara gratis untuk digunakan dalam kegiatan pameran ini, Bahkan sebelumnya pihak Bank Jatim juga pernah memberikan bantuan berupa pembuatan panggung seni, akan tetapi SMA Negeri Arjasa tidak hanya kerja sama dengan Bank Jatim, bahkan juga pernah dalam kegiatan sebelumnya pihak SMA Negeri Arjasa juga kerja sama dengan Bank Mandiri yakni dalam kegiatan yang bertemakan “Gaya Hidup Berkelanjutan”, saat itu Bank Mandiri memberikan bantuan berupa waring dan cagak cagak besi untuk dipasang di sisi kanan kiri jembatan agar masyarakat di pantaran sungai tidak bisa membuang sampah sembarangan di jembatan”. terang Kepala SMA Negeri Arjasa.

Foto : Kegiatan Gelar Karya Seni yang dilakukan oleh Siswa Siswi SMA Negeri Arjasa

“Projek ini merupakan projek dalam menanamkan pada anak didik (siswa siswi) SMA Negeri Arjasa untuk bisa mengaplikasikan keilmuannya, jadi pada jaman kurikulum 13, anak didik (siswa siswi) hanya diajarkan dengan teori teori didalam kelas, sedangkan kurikulum merdeka harapannya bisa mendapatkan teori dan juga bisa mempraktekkan secara nyata, sehingga teori yang didapatkan didalam kelas itu untuk bisa dipraktekkan dimasyarakat oleh anak didik”. Terangnya.

“Dalam projek ini, pihak sekolah juga telah menyediakan reward atau hadiah bagi anak didik (siswa siswi) yang mempunyai prestasi dan potensi tinggi, tujuannya yakni agar anak didik itu lebih termotivasi untuk mempertahankan atau lebih meningkatkan prestasinya, reward ini macam macam yakni bisa berupa bea siswa, alat alat sekolah, dan untuk kegiatan hari ini, karena saat ini kegiatannya menggunakan pakaian adat, maka pihak sekolah akan memberikan reward bagi anak didik yang berpakaian adat paling serasi”. kata Kepala SMA Negeri Arjasa Widi Wasito, S.Pd., M.Pd. diakhir wawancaranya.

(Pewarta : Fifi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *