Dinsos Kabupaten Situbondo Gelar Sosialisasi Pendataan Data PMKS Tahun 2023

Situbondo, independentnew-pos.com

Dinas Sosial Kabupaten Situbondo mengadakan sosialisasi terkait pendataan data PMKS (penyandang masalah kersejahteraan sosial) dan kegiatan penyusunan dukumen perencanaan perangkat daerah tahun 2023, kegiatan tersebut dilaksanakan digedung serbaguna pasir putih. Selasa, (13/06/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Ir. H. Timbul Surjanto, MM, didampingi oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Ibu Rina, dan dihadiri pula peserta dari seluruh kades di kecamatan panarukan, Kendit dan kecamatan di wilayah barat beserta operator dari tiap tiap desa.

Acara sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas sosial Bapak Ir. H. Timbul Surjanto, MM, dalam sambutannya Kadis Sosial mengatakan bahwa Sosialisasi ini diadakan dengan maksud untuk mensinkronkan data disabilitas masalah sosial di Kabupaten Situbondo, agar kedepannya data mengenai kegiatan kesosialan lebih terdata dengan baik dan benar, sehingga apabila ada permintaan data dari propinsi maupun pusat, maka data yang disampaikan adalah data akurat, oleh sebab itu diharapkan semua pihak, lebih lebih kepada kepala desa agar mendata se akurat mungkin, agar pendataan tersebut bisa singkron dengan kabupaten jelasnya.

Sementara, disisi lain, Menurut Ibu Rina Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Situbondo mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk kepedulian kita pemerintah daerah yang dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Situbondo kepada para penyandang disabilitas agar mereka mendapat perhatian dari pemerintah baik dari daerah kabupaten maupun dari propensi.

Ada sedikitnya 26 item  katagori PMKS / penyandang masalah kesejahteraan sosial atau  penyandang disabilitas, dari 26 item tersebut diantaranya anak terlantar, anak cacat fisik maupun mintal, anak korban kekerasan, anak jalanan,  pengemis dan anak dari keluarga miskin yang kesemuanya tidak mampu memenuhi kebutuhan se hari hari dan kebutuhan sosialnya jelasnya.

Tujuan pendataan PMKS ini adalah upaya pemerintah dalam hal melayani pelayanan terhadap masyarakat  yang masuk katagori penyandang masalah kesejahteraan sosial harus berbasis data, bagaimana pemerintah melayani masyarakat penyandang disabilitas kalau datanya tidak ada / tidak singkron dengan pemerintah dalam hal ini dinas sosial kabupaten.

(Pewarta : Erwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *